Senin, 23 Maret 2009

Islam Di Prancis



Zeller menjamin, tidak akan ada lagi penghinaan dan pendiskriminasian terhadap agama lain seperti yang pernah terjadi beberapa tahun silam.

Perancis termasuk negara dengan kemajemukan beragama warganya yang sangat beragam. Selain Katolik yang menjadi agama terbesar, jumlah pemeluk agama Islam di Perancis yang pada saat ini diperkirakan mencapai lima juta orang, menduduki rangking kedua. Sementara Protestan, berada di tempat ketiga dengan jumlah penganutnya sekitar dua persen dari total populasi warga Perancis, disusul kemudian oleh Judaisme, sekitar 600 ribu orang, dan penganut agama Buddha, 400 ribu.
Dalam rangka mengakomodir adanya kemajemukan beragama itu, Duta Besar Perancis untuk Indonesia Philippe Zeller menjamin kebebasan dan keharmonisan beragama di negara fashion tersebut. “Pemerintah Perancis menjamin kebebasan dan keharmonisan beragama” katanya dalam sebuah pernyataan tertulisnya di Indonesia.
Zeller menjamin, tidak akan ada lagi penghinaan dan pendiskriminasian terhadap agama lain seperti yang pernah terjadi beberapa tahun silam. Perancis, memang pernah pernah melarang kaum Muslimin saat hendak melaksanakan ritual atau menggunakan atribut keagamaannya.
Hal itu, demikian menurut Zeller, dikarenakan sebagaimana tercatat pada ayat 1 konstitusi Perancis yang menyatakan bahwa Perancis adalah republik sosial sekuler dan demokratis, yang menjamin persamaan hukum bagi seluruh warga negaranya, tanpa memandang perbedaan ras dan agama. Artinya, Republik Perancis menghormati semua keyakinan dan menjamin kebebasan beragama serta keyakinan warga negaranya.
Masih pada ayat yang sama, menurutnya, negara akan bersikap netral dengan memperlakukan sama semua agama. Menurut Zeller, Perancis telah berkomitmen untuk menciptakan keharmonisan antaragama. Betapapun, ini adalah kabar baik bagi para pecinta perdamaian dan pembela hak-hak kemanusiaan dimanapun berada. Semoga saja bukan sekedar retorika.

0 komentar:

Followers

About Me

I am now a college boy in STMIK Balikpapan

Text

GEOTOOLBAR

  ©Template by Dicas Blogger.